Wednesday, September 2, 2009

Bola Coklat

Ini proyek 2 minggu lalu sebetulnya, tapi belum sempat - sempat untuk di posting.

Walaupun sudah kesekian kali membuat kukis, tapi tetap saja kecelakaan bisa terjadi jadi waktu sedang mencetak kukis coklat request dari ananda tercinta, aku merasa koq ada yang aneh dengan adonan ini, ga seperti biasanya. Setelah masuk oven pun, kenapa yah tak kunjung matang nih si kukis2 ini... setelah berusaha keras untuk mengingat proses pembuatan tadi ( pikuuuuunnnnn ) baru ngeh deh kalau ternyata TELUR nya belum dimasukkan hahaha... vital yah... beginilah jadinya penampakan kukis2 itu

Waaahhhh.... gimana dunks.. hiks.. hiks.. sempat bingung juga ini kukis mau diapain. Inget2 pernah liat resep bikin bola coklat.. yo wis lah.. Finally, si kukis gagal ini menjelma menjadi bola - bola coklat yang cantik, plus bendera merah putih buatan sendiri hihi Buat yang mau coba, ini simple banget. Berikut petunjuknya :

Bahan : Biskuit, rasa sesuai selera (boleh juga pake kukis gagal kayak punyaku hehe ).SKM (Susu Kental Manis ) Coklat secukupnya sampai adonan bisa diuleni. Boleh ditambah aneka flavor, misal strawberry kalau suka. Rhum jika mau supaya wangi (kalau yang tdk mengkonsumsi Rhum bisa pakai yang zero atau essence rhum yang halal ).

Cara membuat : Hancurkan biskuit hingga halus, beri SKM sampai adonan bisa diuleni. Bentuk bola-bola besar sesuai selera, teteskan essence sesuai selera.

Untuk finishing nya, tim coklat (bisa DCC,Milk Coklat,White Chocolate atau yang warna warni ) hingga mencair, gulingkan bola coklat ke adonan coklat tim, dinginkan. Hias lagi sesuai selera

1 comment:

jilbaber said...

Assalamu'alaikum... subhanalloh... makanannya enak-enak nih. mbak dapet resep dari mana?